Tips Cara Belajar Menulis Artikel Menggunakan Format Artikel

Menulis artikel merupakan salah satu keterampilan yang harus di kembangkan untuk bisa sukses menjalankan bisnis internet marketing. Dengan keterampilan menulis, kita bisa menulis artikel menarik dan pada gilirannya akan membawa calon pelanggan ke web kita.

Memang keterampilan menulis perlu di latih terus menerus agar supaya kita bisa menjadi terampil. Ya pada awalnya memang terasa susah untuk memulai menulis artikel dan cara untuk mengatasi itu adalah dengan mulai menulis. Tulis apa saja yang terlintas dalam pikiran kita, nanti dengan sendirinya kita akan terbiasa menulis, nah mulai dari situ kita bisa mulai belajar menulis artikel untuk kepentingan marketing blog.

Banyak orang berpikir keterampilan menulis adalah bakat bawaan. Mungkin memang ada orang yang lahir dengan bakat menulis, namun mereka juga melatih bakat itu sampai dapat menghasilkan tulisan yang baik.

Keterampilan menulis dapat di pelajari dan dikembangkan yang dibutuhkan hanyalah pikiran yang penuh dengan ide-ide dan motivasi untuk mengekspresikan dalam bentuk kata-kata. Selanjutnya biarkan pikiran mengambil alih dan birakan pikiran mengalair bebas. Memang mudah di katakan daripada dilakukan 🙂 kalau begitu mulailah menulis sekarang, atasi hambatan itu, ok..

Tips Cara Belajar Menulis Artikel

Mari kita pelajari format menulis artikel untuk membantu mengatur ide-ide dalam urutan yang logis. Format itu dimulai dengan pengantar, body artikel dan diahkiri dengan kesimpulan. Format ini tidak baku karena ada berbagai jenis artikel dan perlu format yang berbeda pula, tapi untuk belajar menulis artikel format tersebut terbukti dapat membantu saya, semoga saja dapat membantu Anda juga.

1. Judul Artikel

Judul artikel memiliki peran penting untuk menarik perhatian pembaca. Buatlah judul artikel yang menarik, jelas dan mudah dipahami.

Untuk menulis artikel marketing, ketikan kata kunci di google, nanti akan muncul kata kunci yang berkaitan, pilihlah salah satu yang menarik.

2. Pengantar Artikel

Buatlah pengantar yang mengesankan dan menggoda minat pengunjung untuk terus membaca artikel. Pengantar harus menjelaskan manfaat artikel tanpa harus mejelaskan semua isi artikel. Selain itu pengantar artikel berita yang berbasis format pertanyaan 5 WS When, Where, Who, What, Why bisa kita balk formatnya menjadi Why, What, Who, Where, When untuk membuat pengunjung blog membaca seluruh artikel.

3. Badan Artikel

Body atau badan artikel adalah bagian paling  perlu dan penting  dalama artikel. Body artikel adalah bagian di mana Anda hasrus menuliskan semua rincian dan penjelasan, disertai dengan contoh atau ilustrasi. Meskipun tidak ada aturan baku untuk menyusun tubuh artikel, namun sebaiknya memulai dengan fakta / fitur yang paling penting sebelum pindah ke yang kurang penting. Hal ini disebut sebagai format piramida terbalik, dimana poin dibahas sesuai dengan prioritas mereka. Ini secara otomatis menempatkan badan artikel dalam urutan logis. Gunakan paragraf pendek agar artikel mudah dibaca. Selain itu, hindari menempatkan isu-isu yang bertentangan dalam satu paragraf.

4. Kesimpulan

Kebanyakan penulis merangkai kalimat acak untuk membuat sebuah kesimpulan. Satu-satunya hal yang harus diingat adalah setiap ide atau pemikiran baru tidak layak mendapatkan tempat dalam kesimpulan. Kesimpulan adalah rekap singkat dari seluruh artikel, yang menandakan akhir dari artikel.

Menulis artikel dengan jujur dan menampilkan persona pribadi secara otomatis dapat sejalan degan format yang di perlukan.