Cara Kerja dBC Network

dBC Network merupakan support sistem untuk menjalankan bisnis MLM ( Multi Level Marketing ) Oriflame via online & offline.

Apa itu bisnis MLM ?

MLM adalah singkatan dari Multi Level Merketing, bisa juga di sebut Network Marketing, bisnis ini menggunakan strategi jaringan dalam memasarkan produk dan peluang.

 

1. Rantai Distribusi MLM

Jalur distribusi bisnis konvensional : pabrik -> agen tunggal -> agen tungal wilayah -> agen tunggal provinsi -> agen tunggal daerah -> retailer -> toko-toko kecil -> konsumen

Jalur distribusi MLM : pabrik -> suplier -> distributor/member -> konsumen

 

2. MLM = Personal Franchise

Franchising adalah konsep yang memungkinkan kita membeli sebuah sistem usaha yang telah terbukti berhasil, kita tinggal mengikuti sistem yang di sarankan oleh pemilik franchise.

Konsep MLM juga sama seperti franchising. Kita membeli usaha yang sitemnya sudah ada dan terbukti berhasil.

Perbedaanya ada pada biaya, untuk membeli usaha franchise kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar mulai jutaaan sampai ratusan juta, bahkan ada yang milyaran.

Sedangkan untuk bergabung dengan bisnis MLM, kita tidak memerlukan biaya yang besar, selain itu juga dapat di tawarkan kepada orang lain untuk menjadi bagian dari jaringan kita.

 

Perbedaan Bisnis MLM dengan Money Game

Banyak orang yang menganggap money game sama dengan MLM, atau mengira semua bisnis yang melakukan sponsoring (merekrut anggota) adalah MLM. Agar tidak terjebak dengan bisnis money game, berikut ini perbedaan money game dengan MLM.

 

Keanggotaan

Biasanya untuk bergabung dengan bisnis MLM.. biayanya relatif kecil, karena biaya daftar ini hanya sebagai pengganti uang adminitrasi seperti starterkit ( buku panduan) dan kartu angota.

Kalau money game biaya untuk bergabungnya retalif besar dan mereka berkedok menjual produk.

 

Produk

Produk perusahaan MLM punya kualitas sangat baik dan memliki izin depkes atau sertifikat dari luar negeri seperti FDA dan keuntungan utama perusahaan MLM adalah dari omzet penjualan produk bukan dari pertambahan anggota.

Produk bagi bisnis money game adalah hanya sebuah trik agar banyak orang yang bergabung. Produk bisnis money game biasanya tidak berkualitas dan tidak dapat di jual, bahkan anggotanya sendiri enggan memakainya.

 

Kenggulan Bisnis MLM di Banding Bisnis Konvesional

Mengapa MLM menjadi pilihan bisnis yang sangat bagus bagi anda jika ingin memiliki bisnis yang dijalankan dari rumah ? berikut ini beberapa alasannya:

 

Bisnis Modal Kecil

Pada umumnya, dengan biaya bergabung tidak lebih dari 100.000, kita sudah bisa memulai bisnis ini, kita akan mendapatkan staterkit dan kartu anggota, kita sudah berhak menjual produk dan menwarkan peluang bisnisnya.

Coba bayangkan bila kita ingin memulai usaha konvensional, misalnya bisnis cuci motor, berapa modal awalnya? untuk tempat, beli peratalan, dll, pastinya lebih besar di banding memulai bisnis MLM.

 

Biaya operasional Kecil

Setelah bergabung, kita perlu mengeluarkan biaya untuk operasional, seperti membuat website, pasang iklan, alat-alat bantu seperti buku – buku yang di sarankan, dan pertemuan – pertemuan yang di adakan perusahaan.

Sedangkan untuk biaya operasional bisnis konvensional, ada banyak sekali.. misalnya untuk bayar karyawan, bayar sewa tempat, biaya pemasaran, dll.

 

Tidak Butuh Tempat Khusus

Salah satu modal terbesar memulai bisnis konvensional adalah tempat usaha, biasanya tempat usaha yang strategis menentukan sukses tidaknya suatu bisnis dan untuk memiliki tempat yang strtegis tidaklah murah..

Contoh sebuah counter kecil di Mall, mungkin membutuhkan biaya 40 sampai 50 juta/tahun, sedangkan dengan bergabung bisnis MLM kita tidak perlu tempat khusus untuk memulai dan kita bisa menjalankan bisnis di mana saja..

 

Risiko Kecil

Karena MLM modalnya kecil maka resikonya pun kecil atau hampir tanpa resiko, malahan kita bisa mendapatkan pengalaman bisnis dan skill dengan harga murah, kalo bisnis konvensional resikonya besar, apalagi jika kita tidak punya skill dan pengalaman, resikonya jadi makin besar..

 

Waktu Lebih Fleksibel

Dalam menjalankan bisnis MLM kita bisa menentukan waktu sendiri.. misalnya pada malam hari, atau pada jam makan siang, semuanya terserah kita..

Bisnis konvensional biasanya memerlukan waktu yang padat setiap harinya, bahkan ada loh.. yang menjalankan usahanya siang sampai malam meskipun pada hari libur nasional.

 

Menjangkau Wilayah Yang Luas

Bergabung dengan bisnis MLM memberi kita kesempatan menjalankan bisnis tanpa batas wilayah dengan biaya rendah.., jika kita tinggal di jawa, kita bisa mengembangkan bisnis MLM di Sumatera, Kalimantan, ke seluruh pelosok nusantara, dan bahkan bisa sampai luar negeri..

Kalo bisnis konvensional, contoh bisnis agen air minum, biasanya hanya di beri wilayah tertentu dan setiap membuka cabang baru memerlukan biaya yang besar.

 

Mendapat Bimbingan dan Bantuan Dari Sponsor dan Upline

Salah satu hal yang menarik pada bisnis MLM adalah kita mendapatkan bimbingan langsung dari sponsor untuk memulai menjalankan bisnis ini..

Jika kita mencari produk dari supplier untuk di jual di toko sendiri, mungkin kita hanya mendapatkan produk saja, selain itu jarang sekali ada supplier yang mau membimbing sampai sukses.

 

Tidak Butuh Pengalaman dan Keahlian Khusus

Unutk memulai bisnis MLM, kita tidak perlu memiliki pengalaman ataupun keahlian khusus.. banyak diantara pelaku bisnis MLM yang tidak memiliki penglaman marketing atau penjualan bisa sukses di bisnis MLM.

Sebaliknya jika kita tidak punya pengalaman dan skill di bisnis konvensional, dikhawatiran anda akan cepat bangkrut dan rugi uang + waktu.

Memiliki Sistem yang Sudah Teruji

MLM adalah suatu usaha yang telah terbukti sukses. Sistem pemasaran dengan menggunakan jaringan sudah terbukti ampuh dalam membangun kesuksesan bisnis. Kita tidak perlu lagi membangun sebuah sistem bisnis begitu bergabung dengan bisnis MLM, karena sistemnya sudah terbukti..

Berbeda dengan bisnis konvensional, kita harus membangun sistem sendiri, mulai dari sistem keuangan, sistem produk, sistem pemasaran, dll.

Cara Kerja Bisnis MLM Online Oriflame dBC Network

dBC Network ini adalah salah satu jaringan di MLM Oriflame yg memasarkan nya memakai cara Internet Marketing.

Jadi cara kerja dbc network seperti ini:

Setiap member dbc network dapat web replika khusus dengan nama anda sendiri, salah satunya seperti punya saya: http://www.dbc-network.com/?id=danytri

Selanjutnya tugas kita memprosikan web itu, nanti kalo ada orang yang mengisi data dan mendaftar jadi member maka oreng tersebut masuk ke jaringan Anda.

Cara promosinya gimana? ada training lengkap banget di member area dbc network yang mengupas bagaiaman cara jitu promosi via online.

Tutup poin sebesar 100 Poin setiap bulan.

Bagaimana caranya bisa tutup poin 100 BP setiap bulan? yang ini juga ada trainingnya di member area dbc network.

Membantu mendaftarkan prospek ke Oriflame kemudian membimbing downline baru tersebut dengan bantuan Upline anda, eBook training, forum dan member Area d’BC Network, fasilitas training tatap muka maupun yang tersedia secara online!

Dan inilah salah satu bukti penghasilan dari upline saya mba Sita yang bergabung di dbc network Agustus 2010.

Penghasilan Online dBC Network

Sudah mulai paham cara kerja dbc network? kalo ada yang masih kurang jelas silahkan add facebook saya Dany Trilaksono, nanti kita bisa perjelas mana yang belum jelas.

Kalo udah paham cara kerja dbc network, silhkan lanjut ke panduan cara daftar dbc network 😀